Prosedur Aqiqah yang Benar

Prosedur Aqiqah yang Benar

Aqiqah merupakan proses yang sakral sehingga perlu mengikuti aturan dan aspek sesuai syariat Islam.

Ingin mengadakan aqiqah namun belum tahu bagaimana tata caranya? Aqiqah merupakan kewajiban bagi muslim yang sudah mampu sebagai tanda syukur kepada Allah SWT. Adapun aturan umumnya ialah satu kambing untuk anak perempuan, dan dua kambing untuk anak laki-laki. Selain itu, ada syariat lainnya sebagai berikut.

  • Penyembelihan Kambing Perlu Sesuai Syariat

Penting bagi para konsumen yang ingin menggunakan jasa paket aqiqah Jakarta Selatan untuk memastikan kambing melalui proses penyembelihan yang halal dan sesuai syariat Islam. Jika penyembelihan tidak syar’i maka daging bisa menjadi mubah bahkan haram.

Padahal daging akan dikonsumsi sebagai bagian dari aqiqah. Oleh karena itu selalu pastikan pada jasa katering aqiqah yang Anda pilih bahwa pemotongan hewan aqiqah sudah sesuai syariat.

  • Aqiqah dengan Niat Bersyukur

Aqiqah harus dilandasi dengan niat untuk bersyukur karena telah diberikan kehidupan oleh Allah SWT. Allah SWT melarang umatnya untuk melakukan perayaan dengan tujuan untuk menyombongkan diri.

Karena hal tersebut, penting bagi para konsumen untuk memilih paket yang sesuai bujet saja. Yang paling utama adalah niat dari aqiqah itu sendiri agar proses ini bisa berkah dan menambah rasa bersyukur kita.

  • Mengolah Daging dengan Bahan yang Layak

Pihak penyelenggara aqiqah biasanya selain menyembelih hewan kurban berupa kambing juga mengolah dan membagikan olahan daging tersebut. Olahan daging ini nantinya akan menjadi santapan orang lain.

Dengan begitu alangkah baiknya untuk menggunakan bahan tambahan yang layak dan terbaik demi menjaga kesehatan orang-orang yang mengonsumsinya. Jangan gunakan rempah yang sudah tidak layak konsumsi, cabai busuk, atau bumbu dengan pewarna berbahaya.

  • Memberikan Daging Aqiqah kepada yang Membutuhkan

Aspek lain yang tidak kalah penting ialah memastikan daging aqiqah bisa dinikmati oleh orang-orang yang membutuhkan. Hal ini akan jauh lebih mulia karena selain menjadi bentuk rasa syukur, berbagi juga bisa membantu sesama muslim. Anda bisa membagi daging aqiqah kepada tetangga yang kurang mampu ataupun anak yatim.

Itulah beberapa aspek dalam aqiqah agar perayaan ini lebih berkah dan membawa banyak kebaikan. Semoga informasi ini bermanfaat.